Sedang Hits, Begini Cara Membuat Lampion Benang Berbagai Karakter Untuk Lampu Tidur

0
82

sedang-hits-begini-cara-membuat-lampion-benang-berbagai-karakter-untuk-lampu-tidur

Untuk Anda yang hanya bisa tidur di kondisi lampu yang redup, kehadiran lampu tidur di kamar tentu sangatlah penting. Daripada membeli dengan harga mahal, lebih baik Anda membuat lampu tidur sendiri. Yang paling mudah, Anda bisa membuat lampion benang. Berbekal balon dan lampu, Anda bisa memiliki lampu tidur yang tidak hanya berguna, tapi juga cantik.

Jika Anda tertarik membuat sendiri lampion benang sebagai lampu tidur di kamar Anda, berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda ikuti.

Alat dan Bahan

    1. Balon karet
      Agar balon tidak gampang meletus, sebaiknya Anda memilih balon karet yang cukup tebal.
    1. Benang warna-warni
      Anda bisa menggunakan benang jahit atau benang wol. Untuk warnanya, bisa disesuaikan dengan karakter yang akan Anda buat. Misalnya untuk Doraemon, Anda menggunakan benang warna biru.
    1. Lem kayu
      Anda bisa menggunakan lem kayu yang berwarna putih merk Rajawali atau merk Fox. Jangan gunakan lem UHU, lem castol, dan sejenisnya untuk mengolesi bagian balon.
    1. Kain flanel
      Digunakan untuk hiasan. Jadi warna dan jumlahnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan.
    1. Kuas
      Digunakan untuk mengoleskan lem
    1. Gelas plastik bekas minuman
      Digunakan untuk menaruh lem sebelum dioleskan. Anda juga bisa menggunakan wadah lainnya.
    1. Gunting
      Digunakan untuk menggunting ujung balon dan kain flanel.
    1. Lampu bohlam
      Anda sebaiknya memilih lampu bohlam minimal 5 watt. Bisa juga lebih besar dari itu jika Anda menginginkannya.
    1. Stand lampu lengkap dengan kabel dan colokan listrik
      Anda bisa membelinya di toko alat listrik.

Cara Membuat Lampion benang

  1. Tiup balon sampai dengan ukuran yang diinginkan. Lebih baik Anda tidak meniupnya terlalu besar agar balon tidak mudah pecah dan untuk efisiensi waktu juga.
  2. Ambil lem kayu dan masukkan ke dalam gelas plastik. Campur lem dengan air secukupnya. Jangan terlalu encer karena akan membuat daya rekat lem menjadi berkurang.
  3. Olesi seluruh permukaan balon dengan lem. Gunakan kuas untuk mengoleskannya.
  4. Jika seluruh permukaan balon sudah terolesi sempurna, saatnya Anda melilitkan benang secara acak ke permukaan.
  5. Apabila benang sudah menutup permukaan balon, ulangi lagi proses mengoleskan lem untuk kemudian dililit dengan benang lagi. Anda bisa mengulang proses ini sebanyak 2-3 kali sesuai keinginan.
  6. Selesai melilit balon dengan benang, olesi permukaan benang yang paling luar dengan lem sehingga seluruh permukaan terlihat putih. Namun Anda tidak perlu khawatir karena ini hanya sementara.
  7. Selanjutnya adalah proses pengeringan. Jemur balon dengan cara menggantungnya di tempat yang teduh agar kering dengan sendirinya. Hindari menjemur di bawah terik matahari langsung karena akan menyebabkan balon menyusut bahkan meletus.
  8. Lampion yang sudah kering ditandai dengan menghilangnya warna putih dari permukaan benang terluar. Warna benang akan terlihat seutuhnya.
  9. Jika sudah benar-benar kering, segera keluarkan balon agar lampion tidak penyok. Gunting bagian bawah balon untuk mengeluarkan balon dari dalam benang. Jangan lupa buat lubang yang cukup untuk tempat masuknya bohlam lampu.
  10. Hias lampion dengan menggunakan kain flanel sesuai dengan karakter yang diinginkan.
  11. Satukan lampion dengan stand lampu dan lampu bohlam.

Nah, itulah cara membuat lampion benang untuk lampu tidur. Mudah sekali, kan? Meskipun terlihat mudah, butuh ketelitian dan kesabaran untuk melilitkan benang secara rapi di permukaan balon. Mungkin saja di percobaan pertama, lampion Anda belum terlihat sempurna. Namun jangan patah semangat. Anda bisa mencoba lagi untuk mendapatkan hasil terbaik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here