Perawatan Pasca Stroke dengan Terapi yang Bisa Diterapkan

0
21

Stroke merupakan salah satu penyakit kritis yang bisa dialami oleh semua orang. Penyakit ini membuat pasien akan mengalami perubahan total dalam hidupnya, sehingga hal tersebut pasien membutuhkan perawatan dan juga berbagai terapi yang dapat dilakukan sebagai salah satu cara perawatan pasca stroke agar pasien dapat menjalani hidup secara optimal. Berbagai perawatan tersebut penting dilakukan karena pasien stroke mengalami serangan yang tidak hanya membuat fisiknya mengalami masalah dan gangguan, tetapi begitu juga akan mengalami gangguan bicara, mental, hingga kognitif. Oleh karena itulah pasien pasca stroke perlu mendapatkan perawatan yang tepat dan sesuai dengan kondisinya. Adapun untuk beberapa jenis teori yang bisa diberikan pada pasien pasca stroke adalah:

1. Aktivitas fisik

Jenis terapi pertama yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan berbagai aktivitas fisik. Ada beberapa jenis perawatan yang dapat diberikan untuk pasien dengan manfaatnya masing-masing. Untuk jenis pertama adalah terapi yang digunakan untuk latihan fungsi motorik. Latihan ini mempunyai fungsi memaksimalkan kekuatan dan juga koordinasi otot sehingga akan dapat membantu berjalan dan menelan. Selain itu juga ada latihan mobilisasi untuk membantunya bergerak dengan menggunakan tongkat dan kursi roda. Terakhir ada terapi range of motion yang mempunyai fungsi meregangkan otot yang kaku yang dialami pasca stroke.

2. Terapi bantuan teknologi

Terapi selanjutnya yang dapat diberikan untuk pasien pasca stroke adalah yang menggunakan bantuan teknologi. Dengan perkembangan teknologi maka juga ada beberapa terapi yang memanfaatkan hal tersebut. Seperti menggunakan stimulasi listrik yang mempunyai manfaat untuk merangsang konstraksi otot. Sehingga dengan cara ini akan membuat memori otot lebih baik pasca serangan stroke yang melemahkan otot tersebut. Selain itu ada juga teknologi robotik yang merupakan alat bantu untuk membantu anggota gerak agar menjadi lebih kuat. Cara ini dilakukan dengan mengulangi gerakan yang repetitif sehingga akan membantu gerak otot.

3. Terapi emosi dan kognitif

Setelah mengalami serangan stroke, hal yang harus diperhatikan juga adalah kondisi emosi atau jiwa dari pasien. Karena adanya perubahan drastis yang dialami maka hal tersebut tidak jarang membuat pasien merasa tertekan. Hal tersebut juga membuat pasien mengalami depresi yang akan dapat bertambah parah apabila tidak diatasi dengan tepat. Oleh karena itulah ada terapi emosi dan kognitif yang diperlukan oleh pasien stroke agar dapat membantunya. Adapun untuk terapi yang bisa dipilih adalah sebagai berikut ini:

  1. Terapi kognitif merupakan terapi pertama yang mempunyai fungsi untuk membantu kemampuan otak. Seperti dapat meningkatkan daya konsentrasi, membantu merangsang memori, dan juga akan mengoptimalkan fungsi otak agar bisa untuk berpikir.
  2. Terapi komunikasi yang mempunyai manfaat untuk membantu pasien stroke yang mengalami gangguan koordinasi otak dapat untuk lebih mudah berkomunikasi.
  3. Evaluasi psikologi merupakan terapi terakhir yang akan membantu pasien yang mengalami serangan stroke mendapatkan dukungan dari orang lain seperti bergabung dalam support group yang akan mendukung psikologis pasien.

Berbagai perawatan pasca stroke (Link ke URL https://aido.id/our-service) tersebut bisa Anda dapatkan dengan bantuan dari ahli. Seperti dari fisioterapi untuk pasien stroke sehingga akan membantu untuk mendapatkan kemampuan untuk hidup secara mandiri sehari-hari. Selain mendapatkan fisioterapi atau perawatan di rumah sakit, Anda juga bisa mendapatkan jasa tersebut di rumah yaitu dengan menggunakan layanan fisioterapi atau perawatan pasien stroke yang ditawarkan oleh Aido Health. Aplikasi Aido bisa digunakan untuk mendapatkan jasa yang dibutuhkan sehingga membantu untuk memberikan perawatan pada pasien stroke di rumah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here