Paham Mengenai Gitar? Ini Cara Menyalurkan Bakatmu!

Setiap dari kita diciptakan unik dan beragam. Ada yang memiliki bakat di pendidikan, keahlian fisik, hingga seni. Dalam hal ini, bakat dalam bidang musik merupakan salah satunya.

Read More

Memiliki kepandaian mengenai alat musik atau kemampuan dalam memainkannya, menjadi modal besar yang bisa mendatangkan keuntungan jika disalurkan dengan tepat. Terutama bagi kamu yang pandai bermain gitar atau memiliki wawasan tentang gitar, kesempatan telah terbuka lebar mulai dari sekedar penyaluran bakat hingga perolehan pendapatan seperti jual beli gitar.

Bahkan kamu bisa mulai mencari referensi tempat jual gitar terbaik sebagai inspirasi untuk memulai bisnismu. Yuk simak berbagai pilihan berikut yang bisa kamu lakukan guna menyalurkan kemampuan dan pengetahuanmu mengenai gitar.

1. Bisnis Jual Beli Gitar.

Bisnis jual beli gitar bisa dilakukan secara offline maupun online. Melihat kemajuan dan kemudahan zaman, beberapa millennial mungkin lebih suka menjalankan bisnis tersebut secara online, namun tidak memungkinkan juga bisnis offline atau konvensional memberikan keuntungan. Bisnis online memiliki keuntungan seperti lebih mudah dijalankan, waktu yang dibutuhkan lebih fleksibel dan modal dana lebih ringan. Namun di satu sisi bisnis online memiliki kredibilitas yang diragukan dan persaingan yang cukup ketat. Adapun bisnis yang dilakukan secara konvensional mendukung kita untuk memberikan pelayanan kepada konsumen dengan lebih mudah, melakukan sistem pembayaran yang lebih aman dan kamu tidak perlu repot melakukan pengiriman karena pembeli bisa langsung memiliki barang setelah melakukan pembayaran. Pertimbangan untuk melakukan bisnis offline adalah modal yang dibutuhkan lebih besar dan jangkauan yang bisa diraih terbatas.

2. Membuka Jasa Reparasi Gitar.

Tidak hanya mampu memainkan gitar, kamu juga bisa mencoba membuka jasa reparasi gitar. Tentunya kamu harus memahami dulu anatomi gitar dan masalah yang kerap terjadi. Kamu bisa mulai berlatih dengan mereparasi gitarmu sendiri atau gitar teman. Jika sudah cukup percaya diri, mulailah membuka “bengkel gitar” dan mulai melebarkan target pasarmu ke area yang lebih luas. Seperti yang dikutip melalui detik.com, salah seorang pemuda bernama Dana Suhana (34) yang berdomisili di Tangerang Selatan kini memiliki bisnis pembuatan gitar berskala internasional yang diawali dengan hobinya dalam mereparasi gitar teman-temannya. Cukup jadi inspirasi bukan?

3. Membuat Konten Musik di Media Sosial.

Membuat konten musik di media sosial tentunya bukan hal yang baru di era saat ini. Untuk kamu yang memiliki bakat memainkan gitar, kamu bisa membuat berbagai konten yang di-upload ke media sosialmu seperti membuat cover instrumen sebuah lagu, membuat melodi sendiri, atau memberikan edukasi tentang gitar dengan contoh sederhana seperti perbedaan gitar akustik & klasik.

4. Membuka Kelas Pelatihan Gitar bagi Pemula/Profesional.

Membuka kelas pelatihan online maupun konvensional dapat menjadi lahan penghasilan bagi kamu yang juga pandai bermain gitar. Kamu bisa mempromosikan jasamu melalui media sosial dan mulai menjalankan bisnismu di rumah, studio, atau bahkan melalui platfrom online seperti zoom, gmeet, microsoft team dan sebagainya. Banyak inspirasi yang bisa mendatangkan manfaat bagimu dari sebuah gitar, jadi jangan sia-siakan bakat dan kemampuanmu ya!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *