Ketahui Ciri Ciri Masa Subur Terlebih Dahulu

Hamil merupakan suatu kondisi yang diimpikan para pasangan muda yang baru menikah. Hanya saja, tidak semua pasangan langsung hamil setelah menikah. Nah, jika Anda berencana hamil setelah menikah, ada baiknya untuk mengetahui ciri ciri masa subur agar cepat hamil.

Read More

Masa subur merupakan suatu kondisi dimana sel telur yang matang dilepaskan ovarium dan menuju tuba fallopi untuk dibuahi. Di masa inilah dianjurkan untuk berhubungan seksual dengan pasangan agar kehamilan bisa terjadi. Anda bisa mengetahui masa subur dengan mengenali tanda masa subur berikut.

1. Keluar Lendir Lebih Banyak

Lendir yang keluar dari serviks ini sangat berbeda dengan keputihan. Lendir serviks keluar karena meningkatnya hormon estrogen dan membuat lendir serviks berwarna bening dan kental seperti putih telur.

Meskipun sebelum masuk masa ovulasi, vagina akan mengeluarkan cairan lebih banyak. Hal ini bisa Anda perhatikan lendir yang keluar dari serviks setelah menstruasi selesai. Untuk mempermudah Anda dalam memperhatikan kondisi keluarnya lendir, ada baiknya untuk tidak menggunakan sabun kewanitaan agar kondisi alami organ kewanitaan tidak terganggu.

2. Perut Terasa Sakit

Jika biasanya Anda akan merasakan sakit perut saat mengalami PMS (Pre Menstrual Syndrome) hingga mengalami dismenore saat haid, sakit perut juga bisa Anda alami saat masa ovulasi. Kondisi perut yang sakit saat masa ovulasi ini dinamakan dengan mittelschmerz.

Kondisi ini memang tidak semua dialami oleh wanita di masa subur. Akan tetapi, sebagian yang lainnya akan merasakan sakit perut hingga menjalar ke punggung hingga masa subur berakhir.

3. Lebih Bergairah

Salah satu ciri-ciri masa subur yang bisa Anda rasakan adalah meningkatnya libido. Anda akan merasakan lebih bergairah dan makin bersemangat untuk melakukan hubungan seksual.

Hal ini tentunya akan membantu Anda yang sedang merencanakan kehamilan. Hanya saja, hindari melakukan hubungan seksual setiap hari untuk menjaga kualitas sperma. Sperma yang berkualitas akan lebih mudah menembus sel telur untuk terjadi pembuahan.

Meskipun begitu, ada beberapa hal lain yang meningkatkan libido wanita di luar masa subur. Anda tetap harus memperhatikan tanda masa subur lainnya ya, agar kehamilan yang direncanakan bisa berhasil.

4. Suhu Tubuh Meningkat

Saat masa subur, suhu tubuh Anda akan sedikit meningkat dibanding biasanya. Dilansir dari American Pregnancy Association, suhu tubuh wanita akan meningkat 0,2 derajat celcius lebih tinggi saat masa subur.

Anda bisa memperhatikan kondisi tubuh selama 3 hari berturut-turut. Jika selama 3 hari, suhu tubuh tetap stabil di angka tersebut, bisa dipastikan Anda sedang berada dalam masa subur. Meskipun begitu, Anda tetap harus bisa membedakan suhu tubuh yang meningkat karena masa subur atau meningkat karena demam ya?

5. Indera Penciuman Lebih Sensitif

Meskipun belum hamil, indera penciuman Anda akan lebih sensitif saat mencium bau-bauan dibandingkan keadaan normal. Biasanya hal ini berlangsung mulai dari minggu kedua siklus menstruasi normal atau 7 hari setelah menstruasi berhenti.

Meski sensitivitas indera penciuman meningkat, Anda tidak perlu panik karena hal ini merupakan kondisi yang wajar. Kondisi ini juga tidak akan membuat Anda mengalami mual dan muntah, sehingga nafsu makan tetap normal dan Anda tidak akan kehilangan nutrisi penting selama masa subur.

Mengetahui ciri-ciri masa subur akan membantu Anda dalam merencanakan kehamilan. Anda juga bisa menggunakan kalender masa subur untuk mengetahui rentang waktu masa subur. Jangan lupa untuk mengonsumsi nutrisi penyubur kandungan ya agar rencana kehamilan Anda berhasil.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *