Ingin Membeli Ban Baru? Yuk Simak Tips Berikut

0
21


Menentukan ban merupakan gabungan di antara sains dengan seni. Bila menentukan ban, Anda mesti menentukan ban berdasar pada kepentingan serta lihat type ban mobil, ukuran ban, lebar ban, skema tapak atau bentuk mode ban, ketebalan ban serta code kecepatan.

Ban mobil salah satu elemen yang tidak dapat tergantikan. Oleh karenanya bila ada permasalahan dengan ban, Anda mesti mengubah lekas. Apa Anda telah mengetahui teknik menentukan ban yang pas ? Turuti 7 panduan dibawah berikut ini untuk menentukan ban mobil yang bagus.

1.Pilih Ban Berdasar pada Kepentingan

Kepentingan benar-benar punya pengaruh pada penentuan ban. Jadi Anda mesti putuskan kepentingan mobil Anda, mobil dipakai seharian atau terkadang diguna. Bila mobil Anda dipakai seharian bermakna Anda mesti menentukan ban dengan kualitas terpilih.

2.Lihat Type Ban Mobil Anda

Tidak cuman kepentingan, Anda harus perhatikan type ban mobil Anda. Ban bisa kerja dengan maksimum jika mobil memanfaatkan ban yang sama dengan saran dari manufaktur. Semua manufaktur udah memberikannya saran ban untuk tiap style mobil. Amatilah huruf paling depan dari code yang tersebut. Huruf “P” itu dipersingkat dari kata “Passenger”, bermakna ban ini dipakai untuk mobil penumpang. Huruf “LT” itu dipersingkat dari kata Light Truck, ban ini dibuat untuk truk dengan beratnya sedang saja. Huruf “ST” atau “Special Trailer” merupakan ban untuk mobil trailer. Huruf “T” atau “ Temporary” bermakna mobil diperuntukan jadi ban cadangan. Huruf “R” bermakna ban sebagai style ban radial.

3. Lihat Ukuran Ban

Buat type ban Anda mesti perhatikan huruf paling depan, sedang untuk ukuran ban Anda mesti lihat angka di belakang huruf “R”. Angka itu memberikan ukuran velg mobil agar Anda dapat menentukan ban yang sama dengan mobil Anda. Menentukan ban dengan ukurannya sama dengan angka yang dicatat di atas ban. Menentukan ban dengan ukuran sangat kecil atau sangat besar kelak tidak dapat terpasang.

4.Lihat Lebar Ban

Lebar ban langsung memengaruhi daya cengkram namun juga akselerasi pada mobil. Bertambah lebar ban karenanya daya cengkramnya semakin kuat begitupun sebaliknya bila ban semakin sempit karenanya daya cengkramnya semakin lemah. Ban yang lebar pula memengaruhi kekuatan akselerasi mobil Anda.

5. Lihat Skema Tapak Atau Bentuk Mode Ban

Tidak cuma lebar ban saja akan tetapi skema tapak ban pula memengaruhi daya cengkram. Skema tapak akan juga punya pengaruh pada akselerasi serta tingkat kenyamanan mobil Anda. Skema tapak yang baik merupakan skema tapak yang berdesain normal agar akan memberikannya kenyamanan setiap saat menggunakan mobil.

6. Lihat Ketebalan Ban Atau Profile Ban

Anda butuh perhatikan ketebalan ban atau profile ban Anda. Ban tipis (40 atau 50) umumnya tampak lebih indah akan tetapi ada sekian banyak kekurangan. Ban tipis benar-benar jelek waktu melalui jalan yang tidak baik. Ban tipis bisa pula membuat velg cepat rusak. Manufaktur atau produsen mobil kebanyakan menempatkan ban dengan profile tebal untuk menjauhi pelbagai kemungkinan yang bisa disebabkan ban profile tipis.

7. Lihat Code Kecepatan

Ban pula mempunyai terbatasnya seperti mesin secara umum. Anda dapat lihat code kecepatan pada huruf paling akhir dari code. Code kecepatan bisa pula disaksikan pada huruf yang tercetak pada dinding ban. Bila Anda senang tingkatkan mobil dengan kencang atau sampai kecepatan maksimum, Anda mesti pastikan jika ban bisa bertahan.

Atas itu cara-cara menentukan ban mobil yang pas. Mudah-mudahan berguna.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here