Cara Membuat Stoplamp yang Buram Agar Terang Kembali

Stoplamp merupakan lampu bagian belakang yang fungsinya sangatlah penting sebagai penunjuk bahwa kendaraan dalam kondisi berhenti. Pada dasarnya memang lampu pada kendaraan khususnya adalah mobil jenisnya memang banyak sekali, ada sekitar 9 lampu dengan fungsi yang berbeda-beda. Keberadaan dari lampu ini sendiri tak hanya ditujukan untuk kebutuhan penerangan saja, melainkan lebih dari itu dijadikan sebagai sarana untuk berkomunikasi antara pengguna jalan yang satu dengan yang lainnya. Karena setiap jenis lampu memiliki makna yang berbeda-beda.

Read More

Jadi jika seandainya salah satu bagian lampu tersebut rusak, sudah pasti wajib bagi Anda di dalam menggantinya dengan yang baru. Karena sangat berdampak pada keamanan dan juga kenyamanan ketika berkendara. Terkadang lampu-lampu yang dipasang pada kendaraan tersebut tidak mati atau rusak, melainkan hanya buram, sehingga pada saat dinyalakan, khususnya pada malam hari, maka nyalanya juga tidak jelas terlihat.

Hal ini memang menjadi kondisi yang cukup wajar terjadi, mengingat seiring dengan berjalannya waktu lampu tersebut akan berkurang dayanya, atau kondisi lain disebabkan oleh debu yang terlalu banyak menempel, sehingga menyebabkan nyala juga tidak terlihat secara jelas. Jika stoplamp tersebut buram atau kusam sebenarnya tidak perlu menggantinya dengan yang baru. berikut ini diantaranya ada beberapa tips membuatnya terang kembali, yaitu:

1. Mencucinya, langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mencuci lampu tersebut dengan menggunakan shampo mobil, khususnya bagian rumah lampu memang sering kali terdapat banyak debu yang menempel disana, sehingga membuat warnanya menjadi kusam. Belum lagi disebabkan karena masuknya air hujan kedalam rumah lampu. Sehingga membuat nyalanya tidak seterang dulu. Untuk itu paling mudah adalah dengan membersihkan atau mencucinya. Cukup dengan membuka bagian rumah lampu tersebut, kemudian siapkan air dan juga shampo, bersihkan secara perlahan, hati-hati jangan sampai air tersebut mengenai bohlam, karena bisa memicu konsleting dan rusak.

2. Amplas bagian mika lampu berhenti tersebut, gunakan amplas yang tidak terlalu kasar, bisa yang nomor 1500 ataupun yang 2000. Hanya saja sebelum di amplas maka penting bagi Anda untuk menyiramnya menggunakan air dan juga alkohol. Setelah itu baru lakukan pengamplasan pada area yang kusam. Namun lakukan secara perlahan, hati-hati jangan sampai nantinya amplas tersebut menggores bagian mikanya. Setelah selesai dilakukan pengamplasan maka Anda bisa mencucinya dengan menggunakan air dan juga shampo dan keringat, lihat bagaimana perbedaannya.

3. Pasta gigi, odol atau pasta gigi juga dapat dipakai untuk menghilangkan area yang kusam pada kendaraan. Caranya sangatlah mudah yaitu dengan mengoleskan pasta gigi tersebut secara merata pada bagian permukaan lampu ini. Kemudian setelah beberapa saat gunakan kain fiber untuk mengelap atau membersihkan pasta gigi tersebut, biarkan sampai kering dan cek hasilnya. Jika seandainya masih kurang bersih, maka Anda dapat mengulangi langkah yang sama sampai bagian tersebut benar-benar bersih kinclong.

Sangat mudah dilakukan bukan, kondisi ini berlaku jika seandainya stoplamp Anda tidak rusak, melainkan hanya sebatas kusam dikarenakan oleh paparan dari debu dan juga terkena air. Jika seandainya lampu berhenti atau lampu stop tersebut mengalami kerusakan, maka dianjurkan bagi Anda untuk menggantinya dengan yang baru. Jangan khawatir karena nyatanya banyak sekali yang menjualnya di pasaran. Termasuk diantaranya Anda bisa membeli secara online yaitu lewat Rumah modifikasi. Temukan berbagai macam aksesoris kendaraan murah disini.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *