Bingung Mencari Kontrakan di Kota Besar, Pertimbangkan 7 Tips Ini!

Hunian yang layak merupakan impian semua orang, apalagi Anda yang sudah berkeluarga. Lahan perumahan di perkotaan yang terbatas menjadi alasan orang-orang belum memiliki rumah sendiri. Keinginan memiliki rumah sangat besar tanpa dukungan finansial mumpuni menjadi masalah tersendiri. Tenang saja, Anda tetap bisa mendapatkan hunian yang nyaman selama menyewa kontrakan Surabaya Barat yang kredibel.

Read More

Tips penting memilih kontrakan untuk keluarga

Menyewa kontrakan yang aman dan nyaman bisa menjadi solusi tinggal bersama keluarga Anda sebelum memiliki rumah sendiri. Dibandingkan apartemen, orang yang sudah berkeluarga lebih nyaman tinggal di rumah, lho! Supaya Anda tidak salah pilih rumah yang menjadi tempat istirahat sekaligus bercengkrama bersama keluarga, maka simak beberapa tips penting berikut ini!

1. Melakukan riset lebih dulu

Anda bisa mencari informasi mengenai rumah yang dikontrakkan di wilayah tertentu lewat media online dewasa ini. Nantinya Anda akan mendapatkan kemudahan memilih rumah kontrakan yang cocok dengan keinginan mulai lokasi, tipe rumah dan harga sewa per tahun.

Riset akan membantu Anda mencari perbandingan harga sewa di pasaran sebelum melakukan negosiasi harga sewa, ya! Gunakan situs jual beli terpercaya yang banyak memberikan daftar rumah, kontrakan, kost atau apartemen yang dijual hingga sewa bulanan atau tahunan.

2. Datang langsung ke lapangan

Setelah Anda mendapatkan gambaran tentang kontrakan Surabaya Barat yang paling ideal, sebaiknya lakukan survey langsung ke lapangan. Anda bisa membuat janji dengan pihak pemberi sewa untuk melihat kondisi rumah secara langsung. Survey langsung akan membantu Anda memberikan penilaian apakah rumah benar-benar layak dan siap huni sesuai iklan yang terpampang di media.

3. Lokasi cukup strategis

Pastikan lokasi rumah yang dikontrakkan berada di lokasi strategis yang bisa diakses dengan kendaraan umum dan dekat fasilitas publik. Lokasi yang strategis dengan tempat kerja Anda atau sekolah si kecil bisa mendukung mobilitas harian lebih mudah dan hemat. Selain itu, pastikan rumah berada di tempat yang aman dan bebas dari risiko banjir atau bencana alam lain.

4. Kondisi lingkungan yang kondusif

Kondisi lingkungan sekitar perumahan harus mendukung kenyamanan Anda selama tinggal di rumah tersebut. Selain memiliki sistem keamanan yang terjamin, Anda bisa melihat bagaimana kondisi pergaulan lingkungan sekitar. Apalagi Anda mengajak keluarga tinggal di rumah tersebut, maka pastikan lingkungan bisa mendukung tumbuh kembang anak-anak dengan optimal.

5. Memilih tipe rumah yang paling ideal

Tipe rumah bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda sebagai pihak penyewa kontrakan. Jika Anda mengajak anggota keluarga sedikit, memilih hunian dengan konsep minimalis sangat disarankan. Jika Anda tinggal bersama keluarga besar, sebaiknya pilih tipe rumah lebih luas dengan kamar tidur lebih banyak. Mau pilih lantai satu atau lantai dua yang mendukung hunian untuk keluarga, Anda bisa menyesuaikan dengan keinginan.

6. Melakukan sewa rumah dalam waktu singkat

Masa trial bisa Anda pertimbangkan sebelum melakukan kontrak sewa selama setahun atau lebih. Jangan sampai Anda sudah sepakat sewa rumah dalam waktu tertentu, tetapi merasa tidak cocok setelah tinggal beberapa hari atau bulan. Tentu Anda bisa merugi bila hendak mencari kontrakan baru, termasuk potensi belum menemukan penyewa baru.

7. Membuat rencana finansial bulanan yang baik

Mau tinggal di rumah mewah dengan biaya sewa tahunan mencapai angka ratusan juta rupiah di kota besar, maka pastikan gaji bulanan Anda mencukupi. Buat kalkulasi perhitungan yang rinci terkait biaya sewa rumah yang harus Anda keluarkan setiap bulan, biaya makan, kebutuhan pribadi, pembayaran hutang yang lain, dana tabungan, dan lain-lain.

Biaya sewa rumah sebaiknya tidak lebih dari 20 persen dari gaji agar Anda bisa mengelola keperluan bulanan dengan baik. Rencana keuangan yang berstruktur dan komitmen akan mendukung finansial Anda dan keluarga tetap aman meski masih menyewa kontrakan di Surabaya. Buang gengsi Anda jauh-jauh yang menyewa rumah kontrakan mewah dengan biaya mahal, tapi tidak sesuai dengan kemampuan kantong sendiri.

Meski Anda mengontrak rumah, perbaikan dan perawatan kontrakan menjadi tanggung jawab penyewa. Bisa jadi pemilik rumah bertanggung jawab untuk masa sewa yang lebih singkat. Oleh sebab itu, pikirkan segala risiko yang terjadi kemudian hari agar Anda bisa membuat perencanaan keuangan yang matang.

Dengan tips memilih kontrakan Surabaya Barat yang paling ideal di atas, Anda bisa mencoba cari informasi rumah sewa terbaik di kota terbesar Jawa Timur tersebut. Pastikan Anda mengecek dengan baik segala kelebihan dan kekurangan kontrakan sebelum menandatangani kontrak sewa. Baca perjanjian kontrak dengan teliti agar Anda tidak merasa dirugikan setelah tanda tangan sah, ya!

Untung rugi memutuskan sewa kontrakan

Memilih sewa rumah sebagai kontrakan sementara menawarkan beberapa keuntungan yang bisa Anda pertimbangkan seperti harga sewa terjangkau, memberi solusi bagi orang yang belum bisa beli rumah, bisa mendukung mobilitas untuk pekerja yang sering mutasi, dan tidak perlu memikirkan perawatan rumah jangka panjang.

Dari ragam kelebihan yang ada, Anda memang tetap memiliki risiko kerugian seperti tidak bisa mengubah interior tanpa persetujuan dalam kontrak, biaya sewa yang bisa meningkat setiap tahun, masa sewa bisa berubah, dan terikat dengan perjanjian kontrak sewa yang telah disepakati. Namun, Anda tetap mendapatkan solusi tinggal di rumah yang lebih nyaman selama belum menemukan hunian tetap yang ideal.

Buat Anda yang berencana mencari tempat tinggal sementara, pilih kontrakan Surabaya Barat yang memiliki hunian berkualitas. Anda bisa menyesuaikan kebutuhan terkait tipe rumah yang ingin dihuni bersama keluarga. Rumah siap huni dengan perabotan yang lengkap dan bagus, kenapa tidak?

Sumber

https://www.99.co/id/panduan/memilih-rumah-kontrakan

https://blog.amartha.com/untung-rugi-beli-rumah-vs-sewa-rumah-2/

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *