5 Pilihan Jenis Makanan yang Membantu Menurunkan Asam Urat

Kadar asam urat di dalam darah harus dijaga dengan baik agar tetap dalam rentang normal. Jika kadar asam urat meningkat maka akan mengakibatkan berbagai gangguan kesehatan. Mulai dari kerusakan pada sendi hingga munculnya batu ginjal. Terdapat beberapa makanan untuk turunkan asam urat yang bisa dikonsumsi secara rutin agar komplikasi akibat asam urat tinggi dapat dihindari.

Read More

Makanan Penurun Asam Urat

Pola makan memang sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan. Jenis makanan yang Anda konsumsi bisa memberikan efek pada kadar gula, tekanan darah, juga kadar asam urat. Itulah alasan penting sekali untuk memilih jenis makanan yang akan dikonsumsi. Berikut adalah 5 pilihan jenis makanan yang diketahui efektif untuk menurunkan asam urat:

1. Kentang

Pertama ada bahan makanan kentang yang bisa Anda konsumsi sebagai salah satu pengganti sumber karbohidrat. Jenis makanan ini sangat baik untuk dikonsumsi tubuh dan sering juga direkomendasikan bagi penderita diabetes. Ternyata, kentang juga punya khasiat membantu menurunkan asam urat dalam tubuh yang terhitung tinggi.

Kentang diketahui memiliki kandungan yang bersifat farmakologis antiradang. Selain itu bahan makanan ini juga diketahui punya kandungan vitamin B6 yang akan membantu meredakan nyeri serta bengkak. Seperti diketahui bahwa nyeri dan bengkak sendi sangat umum terjadi pada penderita asam urat tinggi.

2. Brokoli

Berikutnya ada bahan makanan brokoli yang sangat direkomendasikan bagi penderita asam urat tinggi. Brokoli diketahui memiliki kandungan vitamin C yang sangat efektif membantu menurunkan asam urat. Tentunya konsumsi brokoli ini juga memiliki banyak manfaat lain bagi tubuh. Selain mudah didapatkan, brokoli juga mudah diolah menjadi berbagai jenis makanan.

3. Kacang Pinto

Orang yang menderita asam urat tinggi juga direkomendasikan untuk makan kacang pinto. Seringkali kacang disebut sebagai pemicu asam urat tinggi. Namun ada beberapa jenis kacang yang justru bisa menurunkan asam urat, salah satunya adalah kacang pinto ini. Kacang pinto diketahui mengandung asam folat yang akan menurunkan kadar asam urat secara natural.

Dari beberapa makanan untuk turunkan asam urat, Anda juga bisa mengonsumsi kuaci atau biji bunga matahari. Kuaci masuk ke dalam kelompok kacang-kacangan yang bisa menurunkan asam urat. Selain kuaci ada juga kacang lentil yang bisa memberikan manfaat yang sama.

4. Tomat dan Mentimun

Kadar asam urat dalam tubuh juga bisa dinormalkan dengan mengonsumsi tomat serta mentimun. Dua bahan makanan ini seringkali dijumpai sebagai lalapan atau bahan dalam menu masakan tertentu. Ternyata dua bahan makanan ini memiliki sifat basa yang akan menurunkan kadar asam urat dengan sangat efektif.

Namun perlu diketahui bahwa konsumsi tomat dan mentimun juga harus dilakukan secara hati-hati. Terutama bagi penderita asam urat yang disertai dengan hipotensi atau tekanan darah rendah. Tomat dan mentimun bisa menurunkan tekanan darah sehingga sebaiknya dihindari oleh penderita hipotensi.

5. Ikan Salmon

Bahan makanan lainnya yang juga bagus dikonsumsi oleh penderita asam urat adalah ikan salmon. Ikan salmon menjadi pilihan sumber protein yang aman bagi penderita asam urat tinggi. Ikan ini punya kandungan asam lemak omega 3 dan bisa meredakan pembengkakan serta inflamasi. Sementara itu, jenis ikan yang harus dihindari oleh penderita asam urat tinggi adalah sarden, makarel, dan herring.

Itulah tadi beberapa makanan untuk turunkan asam urat yang bisa dikonsumsi. Semua jenis makanan ini bisa dikonsumsi secara bergantian sesuai kebutuhan dan selera pribadi. Konsultasikan kepada dokter dan lakukan pemeriksaan rutin untuk mengontrol kadar asam urat Anda.

Sumber:

https://kesehatan.kontan.co.id/news/14-makanan-dan-minuman-penurun-asam-urat-yang-mudah-didapat?page=all

https://kesehatan.kontan.co.id/news/4-sayuran-yang-efektif-menurunkan-asamurat-tinggi

https://www.halodoc.com/artikel/4-makanan-yang-aman-dikonsumsi-pengidap-asam-urat

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *