5 Manfaat Membacakan Kisah Kancil dan Buaya untuk Buah Hati

 

Read More

Dongeng kancil dan buaya sepertinya sudah menjadi andalan bagi para orang tua. Dongeng ini menceritakan tentang kecerdikan kancil yang berhasil mengelabui buaya. Berkat kecerdikannya kancil bisa menyeberangi sungai dengan melompati tubuh buaya dan makan buah-buahan yang menggiurkan di tanah seberang sungai.

Manfaat Membacakan Dongeng

Kisah kancil ini memang membuat gemas. Di balik kisah yang sederhana ini tersimpan beragam manfaat untuk anak. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan setelah membacakan dongeng kancil buaya kepada sang buah hati:

1. Mengasah Imajinasi

Dongeng kancil buaya ini akan membantu meningkatkan imajinasi si kecil. Dongeng ini merupakan jenis fabel dimana tokoh-tokohnya adalah hewan. Anak jadi bisa membayangkan hewan kancil itu seperti apa lalu buaya seperti apa. Di dongeng ini disebutkan juga kancil menyeberangi sungai dengan melewati tubuh buaya. Bagian ini akan membuat anak berimajinasi seperti apa cara kancil menyeberang.

Saat dibacakan dongeng ini, anak jadi ikut membayangkan seperti apa suasana di hutan tempat hewan-hewan tersebut hidup. Jika buku dongeng yang digunakan disertai ilustrasi maka akan lebih memudahkan anak dalam berimajinasi. Tugas orang tua adalah membantu anak membentuk serta mengembangkan imajinasi sang buah hati.

2. Mendekatkan Orang Tua dan Anak

Membaca dongeng di malam hari akan membantu membuat hubungan orang tua serta anak menjadi semakin dekat. Ini merupakan quality time yang bisa dijalani oleh orang tua dan anak. Apalagi jika orang tua sibuk bekerja seharian. Waktu membaca dongeng di malam hari ini bisa jadi kesempatan untuk semakin dekat dengan buah hati tercinta.

3. Memberi Pesan Moral pada Anak

Setiap dongeng pasti punya pesan moral yang bisa dijadikan pelajaran bagi anak. Begitu juga dengan dongeng kancil dan buaya ini. Orang tua bisa menyampaikan bahwa dongeng ini mengajarkan kita untuk tidak memanfaatkan kecerdasan yang dimiliki dengan cara yang salah.

Diceritakan dalam dongeng ini bahwa kancil mengelabui buaya. Ia mengatakan kepada buaya untuk berjajar di sungai agar kancil bisa menghitung jumlah buaya supaya bisa masuk ke pesta yang diadakan raja hutan. Padahal kancil hanya ingin melompati tubuh buaya dan menyeberang ke tanah seberang untuk memakan buah-buahan di sana.

4. Membuat Anak Gemar Membaca

Kebiasaan membacakan dongeng menjelang tidur akan membuat anak akrab dengan kegiatan tersebut. Mereka juga secara otomatis akan jadi lebih suka membaca. Aktivitas membaca ini sangat bermanfaat dan bisa menambah wawasan anak. Agar anak suka membaca maka orang tua berperan mengenalkan aktivitas ini sedini mungkin dengan cara menyenangkan salah satunya membaca dongeng.

Jika anak sudah kenal dengan aktivitas membaca maka ia juga pasti tidak akan mudah kecanduan gadget. Anak akan mengenal membaca sebagai sebuah aktivitas yang menyenangkan. Jadi tak ada alasan untuk menghabiskan waktu bermain gadget.

5. Menambah Kosa Kata Anak

Membacakan dongeng kepada anak juga akan membantu anak mengenal kosa kata yang lebih beragam. Anak juga biasanya akan lebih cepat berbicara jika dibacakan dongeng sejak dini. Lewat kata-kata yang ada di dongeng, anak akan semakin kaya kosa kata dan mengenal beragam jenis nama hewan juga benda. Ini menjadi salah satu cara edukasi yang seru dan tidak membosankan.

Itulah tadi ragam manfaat membacakan dongeng kancil dan buaya pada si kecil. Jadikan ini sebagai aktivitas yang rutin dilakukan menjelang waktu tidur. Jangan hanya membacakan satu dongeng, bacakan juga beragam jenis dongeng lain agar anak semakin mengenal banyak cerita.

Sumber:

https://www.popmama.com/kid/4-5-years-old/ninda/dongeng-nusantara-kancil-dan-para-buaya/5

https://www.haibunda.com/parenting/20210110132211-61-184805/dongeng-cerita-kancil-dan-buaya

https://id.theasianparent.com/cerita-kancil-dan-buaya

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *